Kamis, 23 Juli 2009

MENGHAPUS KOMENTAR SPAM

Dulu (saking gapteknya) saya sempat bingung gimana caranya menghapus komentar spam di blog. Tapi, setelah saya ngobrol dengan seorang teman blogger, ternyata caranya sangat mudah. But....walaupun mudah, mungkin ada beberapa teman blogger yang tidak tahu (terutama yang newbie) kalau komentar para pengunjung bisa dihapus. Tentu saja, hal ini kita lakukan untuk koment-koment yang sama persis kalimatnya tapi muncul berkali-kali di kolom komentar a.k.a Komentar Spam.

Langkah-langkah untuk menghapus komentar spam adalah sebagai berikut :


1. masuk ke dasbor.
2. klik edit entry
3. pilih postingan yang komentar spamnya ingin dihapus
4. klik tulisan 'lihat'
5. Setelah postingan tsb muncul, cari komentar yang akan dihapus
6. klik gambar tong sampah di samping komentar tersebut.
7. akan muncul pilihan : hapus komentar atau batal.
8. klik hapus komentar.
9. Selesai deh!

Atau langsung aja cari gambar tong sampah yang ada di kolom komentar. Klik gambar itu. Nanti akan muncul pilihan HAPUS KOMENTAR ATAU BATAL. Klik aja kolom HAPUS KOMENTAR. Cara ini lebih mudah dan cepat.

Tapi...walaupun komentar spam sudah dihapus, jumlah komentar di kolom komentar tidak akan berkurang karena yang bisa dihapus hanya isi komentar saja. Dan..di bagian komentar yang terhapus akan muncul kalimat : KOMENTAR DIHAPUS, POSTING INI TELAH DIHAPUS OLEH ADMINISTRATOR BLOG.

So,hati-hati..jangan sampai si komentator tersinggung karena kamu menghapus komentarnya. Tapi...kalau ternyata komentarnya sama persis dan dilakukan berulang-ulang untuk satu postingan, ya...mestinya si komentator gak marah dong.

Duuuh, pelajaran yang gak penting ya? Maklum, saya kan gaptek jadi rada norak nih.
He he he.....



.

6 komentar:

buwel mengatakan...

wakakkakakaakkka...buwel baru tahu neh....*maluuuuuuuuuuuuuu*

buwel mengatakan...

mangkanya nggak pernah menghapus komentar, jadi seperti itu thoh gambar tong sampah berfungsi...xixixiiixix....
Oiya emang kalo spam nggak di hapus pengaruh buruk nya apa sih mbak....Tahu ndak?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

gak ada pengaruhnya sih. cuma gak enak aja kalo ada koment yg sama persis. kalo komentnya beda2 sih gak papa.

بوويل mengatakan...

Ooohhh Gitu thoh...

gomel mengatakan...

hmm..emangnya spam itu yang kaya gimana sih? rugi ya kita kalo ada komen spam?

J O N K mengatakan...

waduh, anak2 SPAMERS kena warning sama mba fanfan :D