Rabu, 24 Juni 2009

KUNCI YANG TERSEMBUNYI

Ganti template itu ternyata mudah. Persoalannya cuma 1 : AKU TERLALU GAPTEK. Sejak awal ngeblog aku gak ngerti gimana caranya merubah contoh template yang udah aku download. Karena template itu masih dalam bentuk zip sehingga setiap kali aku upload akan keluar kalimat :

Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar. Pesan error XML: Content is not allowed in prolog.

Aku tahu pasti ada yang harus dirubah tuh. Dari zip ke XML tapi gimana caranya?
Beberapa teman yang aku tanya, tak ada yang bisa menjawab. Lalu, aku tulis aja di fb. Eh, keluhanku itu dijawab oleh Ivan. Dia bilang, harus di EXTRACT. Apa pula tuh? Pikirku bingung.


Iseng aku klak klik mouse aja. Ketika klik kanan ternyata ada kata-kata Ekstract. Ku coba ambil satu template yang masih dalam bentuk zip lalu klik kanan. Selanjutnya tinggal beri centang di extract dan replace. Lalu klik oke.

Setelah itu tinggal ke kustomisasi, edit HTML, klik expand wiget lalu upload template yang sudah disimpan dalam bentuk XML. Mudah, cepat dan simple.

Terjawab sudah kebingunganku selama hampir setahun menghadapi masalah ini. Ya ampyuuuunnn…kebayang gak sih betapa gapteknya daku. Hal dasar aja gak ngerti. Padahal kuncinya hanya satu : MENGUBAH ZIP jadi XML.


.

14 komentar:

AWS mengatakan...

Kayanya persoalannya sama kaya yg q alami. Pernah blajar ganti template tpi justru gak pernah berhasil. Padahal pokok persoalannya sederhana aja ya, mengubah ZIP jadi XML. Boleh juga nih dijadiin tips yg tokcer..

Rosi Atmaja mengatakan...

qeqeqeq ngintip rumah yg atunya. btw pengalaman emg guru yg terbaik isn'it ?

awan_clickerz mengatakan...

wah, sukses besar nih, ganti ganti baju anak anaknya,
aku sih tunggu lebaran aja beli baju barunya..
hehee

anazkia mengatakan...

mbak... emang hiper aktif nih di blog hehehe...

J O N K mengatakan...

heheheheh,,, tapi sekarang udah makin lancar kan mba, wah terlihat dari beberapa hari ini yang sering ganti2 templete ... ayo di cari yang pas :D

buwel mengatakan...

ooooh gitu ya...aku juga baru tahu mbak....brati aku mbahnya gaptek ya...hhheheeheh

Lala mengatakan...

Rajin banget mbak ngecat rumahnya...

ali mengatakan...

tetep suka yang ini...kenapa ya...kekekekekke

reni mengatakan...

Aku juga baru tahu jawabannya dari sini mbak.., selama ini aku juga males ganti-2 template gara-2 selalu ketemu kata-2 sakti di atas dan ga ngerti harus ngapain...
BTW.., sekarang mbak Fanny udah ketemu kuncinya. Ntar kalo aku kesulitan saat ganti template.. mau minta tolong mbak Fanny aja ah... hehehehe....

ali mengatakan...

go...go....miss....go...kekekekkeek

Unknown mengatakan...

@reni : boleh aja, Ren. selama bisa kubantu. tapi aku juga lagi belajar nih.

buwel mengatakan...

iyah di cuekin lagi hiks hiks hiks...

Be A Great Person mengatakan...

Wuaaaah... ternyata sederhana banget ya Mbak caranya, pantes saja Mas Rio juga bilang 'gampang' pas saya nanya dulu.
Trimakasih banyak ya Mbak fanny, mulai besok saya akan ganti template.
Trimakasih ilmunya Mbak.

muara mengatakan...

dan klo udah ngerti dan berhasil, PUAAAASSS banget!!! hemmm....melelahkan sekaligus memuaskan. tapi tuk wordpress, aku blm pernah berhasil.