Minggu, 24 Januari 2010

ANTARA BLOGROLL DAN DAFTAR LINK

Beberapa waktu yang lalu saya sempat kebingungan memenuhi permintaan teman-teman di blog SANG CERPENIS. Karena saya memasang blogroll dan daftar link di blog itu, maka ada 2 permintaan dari teman-teman. Ada yang minta di add linknya di blogroll, ada yang minta di add di Daftar Link. Ada juga yang minta di add di kedua widget tersebut.

Padahal kalau sudah di add di Blogroll, ya jangan minta di add di Daftar Link. Demikian pula sebaliknya. Kalau minta di add di dua widget, itu namanya kemaruk. Biar PR atau Alexa-nya naik ya? He he he....

Saya pun sempat bingung. Mau pasang widget apa? Blogroll atau Daftar Link? Masing-masing punya kelebihan. Maksudnya kelebihan yang menguntungkan/tidak merepotkan saya.



Kalau pasang widget blogroll, saya dapat dengan mudah mengetahui blog teman-teman yang di update. Jadi,kalau mau berkunjung tinggal lihat di blogroll apakah sudah di update atau belum. Kalau belum, kan percuma aja datang ke blognya. Yang ada, malah nyepam lagi. Tetapi setiap kali ganti template, otomatis blogroll hilang dan link yang sudah dipasang di blogroll tidak bisa di copas sekaligus. Harus buka blognya satu per satu baru bisa copas. Repot dong! Dan, setelah template jadi, saya harus masang lagi satu demi satu.

Tapi, kalau pasang Daftar Link, loading blog saya tidak berat. Selain itu, setiap kali ganti template, saya tinggal copas aja Daftar Link tersebut. Setelah template selesai baru dipasang lagi. Lebih praktis dan cepat.

Alhasil, saya putuskan untuk pasang Daftar Link saja. Semua teman yang sudah naruh link saya di Blogroll maupun di Daftar Link mereka, akan saya taruh linknya di Daftar Link. Karena menurut saya blogroll dan daftar link punya fungsi yang sama yaitu menaruh link teman-teman.

So, buat kamu yang sering ganti-ganti template, sebaiknya pasang daftar link saja biar gak repot. Tapi, ini sih cuma saran saja. Pilihan ada di tangan kamu.


.

9 komentar:

Ninda Rahadi mengatakan...

hihihi aku nyari cara ganti template tanpa ilang blogroll mbak

anazkia mengatakan...

saya juga make yang daftar link mbak :) lebih mudah soalnya...

REYGHA's mum mengatakan...

Aq ga berani ganti template...takut berantakan...hehehe...maklum.

buwel mengatakan...

Duh ini templetnya besar banget ya mbak... :-)
Hmmmm, iya ya mbak, kalo pake yang updetan di loadingnya muncul situs2 yang ada di blog kita ya... :-)

Fanda mengatakan...

Berhubung aku ga suka ganti2 template, yah pake blogroll aja. Enaknya kayak kamu bilang tadi, bisa ngeliat sapa aja yg udah update, biar ga buang2 wkt

Unknown mengatakan...

@anyin : ada sih, tapi mesti cari2 dulu. kdg udah cocok sama templatenya tuh.

@buwel : gede ya? tapi aku suka warna birunya.

Unknown mengatakan...

Buat saya, yang penting dari blogwalking itu melihat update-an teman-teman. Jadi sya lebih suka melihat blogroll ketimbang daftar link.

Oh ya, saya malah bingung kalau jalan-jalan ke blog teman dan ternyata template-nya beda dari biasanya. Saya sangka saya nyasar..

Thariq mengatakan...

iya mbak betul itu...huehuehue

a-chen mengatakan...

Mbak Udah Dilinkkan link2nya... :-)