Jumat, 23 Juli 2010

NAIK KELAS SEMUA

Wah, saya nggak menyangka. Semua anak-anak blog saya naik kelas alias Page Rank nya naik semua. Padahal, saya nggak terlalu sering mengupdate mereka. Kecuali blog utama : Sang Cerpenis. Tetapi, mbah Gugel berbaik hati pada saya.

Ketika tadi siang saya iseng nge-cek PR, lho...naik kelas 3 semua. Hanya satu yang naik kelas 2, yaitu : Blog untuk menyimpan award. Itu juga udah bagus banget. Soalnya, beberapa bulan lalu masih N/R deh.

Well, mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana caranya menaikkan PR?


Hmm..terus terang aja nih, saya sendiri kurang begitu pakar soal beginian. Saya hanya mendengar, membaca dan diberitahukan kiri kanan oleh teman-teman blogger yang lebih senior dan ahli soal menaikkan PR.

Tetapi saya mencoba bagikan tips-tipsnya deh.

Cara menaikkan PR (berdasarkan analisa Miss Gaptek nih) :

1. Rajin posting.
Kalau malas, pengunjung bakal bosan ke blogmu secara yang dibaca itu lagi itu lagi. Minimal 3 hari sekali deh posting satu kali. Akan lebih baik kalau sehari 1 kali posting.

2. Rajin blogwalking alias bw.
Jadi, kalau ada teman yang berkunjung ke blogmu, ya balas berkunjung dong ke rumahnya. Jangan somse. Kalau sibuk, cari waktu senggang untuk bw ke blognya. Jangan mau enaknya aja. Minta didatangin tapi malas mendatangi.

3. Rajin ngasih komentar.
Nah, kalau sudah mampir, mbok ya beri koment dong. Kalo enggak, mana temanmu tahu kamu sudah mampir. Meskipun kamu nggak tertarik dengan tulisannya, minimal menyapa dia di kotak komentarnya. Jangan cuma ngintip doang, ntar bintitan lho matanya. He he he....

4. Tukeran link.
Kalau mau linkmu dipajang di blog teman, kamu juga harus memajang link temanmu di blog kamu. Tapi jangan curang ya. Saya sering menemui teman-teman yang linknya sudah dipajang di blog saya dan mereka juga sudah memajang link saya di blognya, tetapi...beberapa bulan kemudian ketika saya mampir ke blognya, link saya sudah dicabut. Nah, itu namanya curang dan licik.

Link orang dipajang sebentar aja, terus dicabut lagi. Gimana kalo orang itu pas ngecek ke blognya? Ketahuan deh belangnya. Alhasil, kalau mereka curang, ya link mereka saya cabut lagi dari blog saya. Bukan untuk balas dendam, tetapi saya memang gak suka dengan orang yang suka curang seperti itu. Keliatan mau menang sendiri kan?

5. Rajin memajang award dan bikin peer/tag.
Kalau dikasih award dan peer/tag sama teman blogger, mbok ya dikerjain. Kan link kamu sudah dipasang oleh si pemberi award dan peer di blognya, maka kamu harus membuat peer dan memajang awardnya plus link si pemberi award dan peer. Hargailah pemberian orang lain. Biasanya, blogger yang sudah top nih suka nggak mau ngerjain peer dan majang award.

6. Rajin memberi award dan ngasih peer/tag.
Gak ada salahnya kok kalau kamu juga rajin memberi award dan peer ke teman-teman. Tetapi, mesti siap kecewa kalau mereka gak majang award dan bikin peer dari kamu. Nah, kalau sudah tahu mereka malas majang award dan bikin peer darimu, ya lain kali jangan kasih lagi. Berikan saja kepada mereka yang memang mau memajang award dan membuat peer darimu.

7. Mesti tekun dan jangan berharap terlalu banyak.
Ngeblog itu mesti tekun. Kalau kamu cepat bosan dan malas bw, malas posting, dll..ya mending jangan mimpi pengen dapat PR tinggi deh. Lha, yang tekun aja kadang jeblok PR nya. Tahu sendiri,mbak Gugel itu kan susah ditebak kemauannya. Jadi, bisa saja suatu ketika PR mu yang udah naik kelas, mendadak turun lagi tanpa diketahui alasannya.

Jangan juga berharap banyak. Misalnya : ingin PR tinggi supaya cepet dapat job review atau dapat duit dari ngeblog. Nothing to lose aja. Mana ada sih cari duit yang mudah? Mana segampang itu dapatin dollar dari ngeblog? Walau banyak yang bilang mudah, tapi kenyataannya gak semudah itu. Jadi, dibawa santai aja. Just do your best. Selanjutnya biarkan anugerah Tuhan yang mengalungi dirimu.

Hmm..apa lagi ya? Kayaknya itu aja deh yang saya tahu dan lakukan selama ini.
Oke deh, semoga berguna ya tipsnya.

.

23 komentar:

Ummi Ubay mengatakan...

wah makasih mba tips nya^^
chika juga baru aktif lagi ni ngblog^^
kalo dulu gx tau gimana.
cuma bikin posting tapi gx blogwalking, ya gimana ada yang mau berkunjung kan heheee

misfah mengatakan...

nah, bikin award gimana itu yg aku belum tau...he...he...

Unknown mengatakan...

@lady : pake photoshop. aku sendiri gak begitu bisa.

Rela Rahmah mengatakan...

waaah.. tips nya patut diikutin tuuh ^^ heheh

Muhammad A Vip mengatakan...

okelah kalo begitu

subebeck mengatakan...

blog saya masih nol kecil kelasnya mbak.. hihihi.. bakal saya coba deh, tapi siapa ya yang bakal saya kasih peer? :p

gaelby mengatakan...

Setuju bnget ama tipsnya. Thanks atas ilmunya.
Salam sobat :)

Fanda mengatakan...

Iya..iya..bu guru. Jadi aku termasuk somse juga ya? Hiks... Sekarang dah bela2in BW dan komen di posting barunya bu guru loh...

lawang mengatakan...

lho... mbah google dah update PR toh??? mantap nih tips2nya, tapi ane gak bisa photoshop juga gan, jadi gak bisa ngasih award2 deh.. salam kenal

the others... mengatakan...

Selamat ya mbak... udah naik kelas semua.. Salut pada mbak Fanny..!

Anonim mengatakan...

nah ini nih yang dari dulu aku tanya-tanya in ma teman-teman. masing masing jawabnya putus-putus.

skarang dapat yang lengkap
makasih mbak fanny :)

Arif Chasan mengatakan...

sip.. deh.. saya bakalan berusaha ngikutin langkh2 di atas.... ^_^
makasih..

Blogger mengatakan...

wah selamat buat kenaikan kelasnya ya mbak..memang banyak yg bisa dilakukan untuk memperoleh PR sama seperti yg sudah disampaikan di atas tentunya
Sukses Slalu!

aura pelupa mengatakan...

Aku datang untuk mempraktekkan salah satu dari tips nya!

aura keyboard mengatakan...

Selamat atas kenaikkan PR nya!

ndutyke mengatakan...

3. Rajin ngasih komentar.
Nah, kalau sudah mampir, mbok ya beri koment dong.

>> nah ini, blogstat di wordpress menunjukkan pengunjung perhari di blogku sekitar 50an deh rata2. tp yg komen cuman 1-2orang/hari. hehehe... kebanyakan nyaman jadi silent-reader kali ya? gpp deh, yg penting tulisanku masih dibaca dan insyaalloh bermanfaat.

ga terlalu ngerti sih si sama pagerank ini :)

ketawa, lucu, ngakak mengatakan...

wih selmaat yah mbak
kalo blog oby adem ayem di PR 2...
belum di restui saa si mbah ni,,,,,

ariefborneo mengatakan...

Met siang...ane setuja tu dengan tips menaik kn PR...met beraktifitas

Tembang Lawas mengatakan...

Mkasih mBak Inponya kebetulan PR saya masih 0 neeh sem0ga setelah membaca tutorialnya jadi pinter dan lekas naik kelas amien :-)

ciptanirmala mengatakan...

blogku masih amatir negh,,, ada saran? folllow nd kasi komen yax...

Anonim mengatakan...

mba yang udah hypertech,hehehe,,,aku pejeng link mba di blog aku yahh,, :)
mba juga ya,, nih link aku :

http://www.blogger.com

budi yunianto mengatakan...

setuju , setuju , setuju , heheheheh

Hariyanti Sukma mengatakan...

mbak ... makasih ya tipsnya .....
bermanfaat sekali utk aku yg pemula ini.