Kamis, 26 Agustus 2010

PAYPAL DITUTUP SEPIHAK

Sepertinya saya sedang diuji nih kesabarannya. Tanggal 17 Agustus lalu mendadak saja akun paypal saya dibatasi. Gak bisa ditutup, gak bisa kirim uang juga. Hanya bisa terima uang. Tak lama kemudian, saya dikirimin imel oleh admin mereka, diminta melengkapi data-data yang membuktikan foto dan alamat saya.

Oke saya sanggupi. Saya kirimkan copy KTP dan tagihan Kartu Kredit yang sudah discan. Esoknya, saya dapat imel yang sama, yang meminta data yang menunjukkan foto dan alamat saya.

Penasaran, saya kirim lagi data yang sama. Malam harinya, saya terima imel dari mereka, katanya data yang saya kirimkan blank. Lha? Piye toh? Apakah karena yang saya kirim dalam bentuk pdf? Tapi pas saya cek di persyaratan mereka, data yang dikirim boleh dalam bentuk PDF, JPG dan GIF. Ya sudah, saya coba ubah dari pdf ke Jpg. Siapa tahu dengan jpg bisa diterima mereka.

Ternyata, jawaban mereka makin parah. Tanpa alasan jelas, AKUN PAYPAL saya langsung ditutup. Padahal ada saldo sebesar 12 dollar. Untung cuma 12 dollar. Untung juga saya sudah edit di profile blogvertise saya. Saya langsung ganti akun paypal di blogvertise dengan akun paypal teman saya. Jadi, kalau ada pembayaran job review dari blogvertise, tidak lagi masuk ke akun paypal milik saya. Melainkan masuk ke akun paypal teman saya.

Duh, kok paypal sekejam itu ya? Seenak dewe gitu nutup rekening orang. Kata teman blogger yang sudah pengalaman, mungkin karena saya pernah buka akun paypal saya dengan dua komputer yang berbeda dalam waktu yang terlalu dekat. Jadi, dari pihak paypal berpikir kalau ada hacker atau ada pihak ketiga yang ingin membobol akun saya. Karena mereka melihat kok ada 2 IP Adress yang saya pakai untuk log in.

Kejadian seperti ini katanya sih sudah sering. Ada teman blogger yang juga ditutup akun paypalnya tanpa alasan yang pasti. Untung saja uangnya di akun tersebut tinggal 1 dollar.

Bahkan, berdasarkan info yang saya terima, ada orang Amerika yang sampai kehilangan uang 400 dollar. Entah permainan apa ini? Mungkinkah paypal memang sengaja mengambil uang para nasabahnya? Mengingat paypal ini gratis, bisa saja mereka nakal.

Seorang teman blogger malah mengusulkan untuk mengirimkan imel dan menulis ancaman akan menuntut mereka di pengadilan. Tapi buat apa? Biarkan saja deh. Toh, kalau merreka sengaja mencuri uang saya yang gak seberapa itu, mereka bertanggung jawab sama Tuhan. Yang mencatat perbuatan mereka Tuhan. Yang penting, saya harus hati-hati.

Kalau toh saya buka akun paypal baru, maka setiap kali terima uang dari blogvertise lebih baik langsung dibelanjakan atau dicairkan. Setiap log in juga saya harus menggunakan komputer yang sama supaya mereka gak mencurigai adanya pihak ketiga yang mencoba masuk ke akun saya.

15 komentar:

Fanda mengatakan...

Turut berduka cita atas kejadian yg kamu alami. jadi berpikir-pikir lagi, gimana nasib paypalku? Apakah masih aman? Dan apa yg harus dilakukan supaya aman? Dan apa tandanya kalo tidak aman?

Huuuh...susah amat ya mau dapet rejeki!! Untunglah Google Adsense baik hati, memberi kita alternatif pembayaran via Western Union

Menurutku pribadi sih mereka mengada-ada, Fan. Toh kan kamu udah memberikan data pribadi, harusnya mereka sudah tahu bahwa meski buka dari 2 IP berbeda, pemiliknya tetap sama. Lagipula mereka tidak mengatakan dgn jelas alasan 'for security reason' itu apa. Makin kelihatan kalo ada niat tak baik dari mereka.

Dengar2nya sih fenomena itu terjadi sejak e-Bay membeli paypal. Padahal sebelumnya paypal baik2 saja. Payah deh. Punya duit banyak pusing, ternyata punya uang recehan juga sama pusingnya!! (soalnya cuman itu punyanya, hehehe...)

ivan kavalera mengatakan...

Wah ini pengalaman berharga tentunya ya mbak.

arieska arief mengatakan...

kak, banyak bener blognya, bagus nih buat meong gaptek, fufu... >_< mampir sambil belajar hyak...

attayaya jadi anak smp mengatakan...

semoga paypal menjadi lebih bersahabat dengan blogger

artikel begini sebenarnya menjadikomplen terbuka terhadap paypal, dan hendaknya paypal memperbaiki kondisi

penghuni60 mengatakan...

kok bs kyk gitu ya??
waduh, repot jg donk... masa maen tu2p aja sih...

Joddie mengatakan...

whuaaaa... suamuaaa.... aku juga pake PayPal, terutama untuk transaksi pesenan web dari klien2 luar negeri, hampir semua transaksiku gede-gede, rata-rata di atas 700 USD, trus.. hiks.. bulan kemarin PayPalku ditutup sepihak.. alesannya gak jelas,
padahal masih ada sekitar 550 USD di sana, dan minimal baru bisa diambil 180 hari.. berarti sekitar februari 2011 baru bisa diambil (itupun kalo bisa diambil) hwaaaaa.... stress neeh..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

@joddie : wah..aku juga kena 180 hari tuh. kalo bisa balik ya.

dongkrak antik mengatakan...

salm kenal dr Dongkrak antik..hati2 bos

genial mengatakan...

pengalaman berharga dan teramat penting buat saiia nii mba'... soalnya saiia sering buka akun di ip yang berbeda dengan waktu daftar... semoga gag terjadi apapun juga :(

munir ardi mengatakan...

nah kebetulan mbak aku juga gaptek banget masalah ginian malah nggak punya paypall, tapi denger-denger memang nggak boleh buka paypall di banyak komputer atau lain IP, ketat banhet ya

arieska arief mengatakan...

pay pal... pay pal... hehe... paypal biasa dipake kakakkuw...
eh,, ada penghuni60 juga...

bgenk mengatakan...

wah paypal arogan ya...
untung akun paypal saya cuma ada 4.90 dollar.... hehehehehe...

Huda mengatakan...

aku masih belum punya akun paypal , tp kalo kayak gini kok jd merinding juga , gmn kalo saldo d dalamnya ratusan bahkan ribuan dollar , gatasss

rani si lucu mengatakan...

gimana sih cara buat paypal

RizaL vm mengatakan...

Saya persis dengan yang saya alami,... PAYPAL menutup accoun saya stelah pembayaran dari co.cc