Jumat, 13 Agustus 2010

TERPAKSA PAKAI MODERASI

Gara-gara mendengar kabar tentang blog mbak Reni yang mendadak tak bisa dibuka beberapa hari yang lalu, saya jadi ikutan paranoid nih. Apalagi beberapa blog teman-teman juga dikunjungi para spammers. Malah ada yang dikirimin komentar berjumlah ratusan.

Wah, wah...sudah saatnya nih melakukan pencegahan daripada pengobatan. Halaah..bahasanya...So, mulai hari ini beberapa blog saya memakai moderasi. Maunya sih semua blog dimoderasi tapi..bikin repot tuh. Hi hi hi...Yasuds, blog yang lumayan ramai pengunjungnya aja deh yang saya moderasi.

Btw, ternyata kolom Spam yang merupakan fasilitas blogspot terbaru hanya bisa muncul kalau blog kita memakai moderasi. Pantesan, waktu saya mendapatkan pengumuman dari blogspot tentang adanya fasilitas baru untuk mendeteksi spam blogger, kok saya tidak menemukan fasilitas itu. Lalu, saya pelajari lebih teliti mengenai fasilitas ini. Ooo...rupanya fasilitas mendeteksi spam ini baru muncul bila komentar di blog kita menggunakan moderasi. Kalau enggak, ya...nggak akan muncul toh. Hmm...hmm...manggut-manggut ngerti deh.


SEPERTI INILAH KIRA-KIRA 'JEROAN' BLOG YANG ADA MODERASI DAN FASILITAS MENDETEKSI SPAM BLOGGERNYA KELIHATAN



PERHATIKAN BLOG SANG CERPENIS YANG PAKAI MODERASI. SETELAH KOLOM EDIT ENTRI, ADA KOLOM KOMENTAR. BANDINGKAN DENGAN BLOG MISS GAPTEK YANG TIDAK PAKAI MODERASI. SETELAH KOLOM EDIT ENTRI, TIDAK ADA KOLOM KOMENTAR.



14 komentar:

silvi mengatakan...

selamat menunaikan ibadah puasa ya

rahad2six mengatakan...

spam emang menjengkelkan banget tuh..apalagi kalo di satu artikel bisa ada 5-10 spam...bikin jengkel aja deh..

the others... mengatakan...

Gara2 moderasi, aku harus punya waktu ekstra utk ngecek komentar2 yg masuk di kotak moderasi mbak...

Takuya mengatakan...

hoo gitu.. kalo blog aku, moderasi nya di entri yg lebih lama dari seminggu *apa 2 minggu ya? :-?*.. udah ada kolom komentarnya juga.. huehehehh

Return to My Blogg mengatakan...

Ooo.. gitu toh.. untung di moderasi ya...

Gaphe mengatakan...

NEmu blog yang lain dari mbak FAnny.. hohooho. Sekarang kan udah ada fasilitas spam filter mbak..

Vicky Laurentina mengatakan...

Aku seneng banget semenjak Blogspot memberlakukan feature deteksi spam ini. Soalnya kadang-kadang aku sebel ada sampek 10 komentar spam nongkrong di kolom moderasi. Baru di kolom moderasi lho, belum di-publish sungguhan. Bayangin kalo sampek tuh spam ikutan publish, bisa merosot deh pamor blogku..

Ayi mengatakan...

kunjungan menjelang tengah hari mbak. biasa mw melempar pertanyaan.
tp tolong jgn ketawa ya mendengar pertanyaan saia x ini! janji?!
mbak, cerpen yg mw aku ikutkan di blog sang cerpenis udh jadi, tp ada mslah, gmna ya bikin double spasinya d postingan? kayaknya semua ilmu yg aku punya udh d pake, tp g bs. tq mbak, d tunggu jwbnnya sgra, udh tgl 15 niy.. hehehehe... smga msh sempt.

rahad2six mengatakan...

berkunjung lagi..

andri mengatakan...

ya sobat setuju.. lebih baik mengadakan pencegahan..dari pada pengobatan..., seperti pencegahan nyamuk.. kita semprot sama2.. bgtu juga di blog ini... thanks info nya..

ario saja mengatakan...

Selamat me modernisasi yahhh

azzaynal aljauziy mengatakan...

yupz gpp mba ... daripada para spammers yg nobennya skrng para robot yg mengirimkan data... email saja sehari bisa menampung 20.000 email T_T

yanti mengatakan...

Oo...gt ya, blog qu ud belom ya??? thank's ya mbak, nti tak cek dulu.....

Mamisinga mengatakan...

saya juga memanfaatkan moderasi, jadi bisa kontrol komentar yang masuk. Kebetulan saya pakai borang komen echo, itu bisa nyambung di beberapa socmed, bs gawat kalo ada spammer masuk.. hehe salam!