Kamis, 21 April 2011

APA SIH AWARD ITU?

Seorang teman blogger yang masih pemula pernah bertanya kepada saya : Apa sih award itu? Apa fungsinya? Kenapa para blogger saling memberi award? Hmm...itu pertanyaan yang sama yang pernah muncul ketika saya baru aja jadi blogger.

Waktu itu saya bingung, kenapa ada yang dikasih award. Tujuannya apa sih? Lalu, tahu-tahu aja saya juga dikasih award sama seorang blogger senior. Wah, senangnya. Tapi tetap aja saya nggak tahu apa tujuan pemberian award itu. Sampai suatu ketika seorang teman blogger memberitahu saya kalo salah satu tujuan award adalah buat ngedapetin back link.

Oooh...I see....Pantesan, tiap kali ada yang dikasih award pasti link si penerima award dicantumkan di postingan tentang award. Lalu, ketika si penerima award memajang awardnya di postingan blognya, dia juga mencantumkan link si pemberi award.

So, semakin banyak kamu dapat award plus ngasih award maka back link kamu akan semakin banyak. Back link yang banyak - katanya lho - akan menambah page rank blog kamu. Soal ini benar apa enggak, saya kurang tahu.

Tapi ada juga blogger yang gak suka menerima award. Bila diberikan award mereka gak mau memajang award tersebut. Entah apa alasannya. Mungkin mereka memang gak mau memajang award itu karena kalo majang award otomatis kamu harus menaruh link si pemberi award.

Ini baru mungkin lho. Karena bisa juga si penerima award gak ngerti caranya naruh award. Gak tahu caranya mencantumkan link si pemberi award. Atau..memang gak suka aja majang award di blognya.

Yang pasti, demi sopan santun, alangkah baiknya kalo kamu diberi award, mbok ya dipajang awardnya plus cantumkan link si pemberi award. Kecuali si pemberi award gak mencantumkan link kamu.

Kalo kamu pernah mendapatkan award yang sama dari teman blogger lain sehingga kamu gak mau memajang lagi award tersebut, lebih baik kamu membalas pemberian award itu dengan mereview blog si pemberi award. Hitung-hitung sebagai tanda terima kasih. Saya sering melakukan itu. Karena kadang satu award bisa diberikan oleh 3 atau 4 blogger. Daripada pusing, saya balas aja dengan mereview blog mereka.

.

17 komentar:

Nyitnyit mengatakan...

sekali lagi postingan yang berguna buatku mbak...secara aku barusan dapat award pertamaku...
Tadi aku mengira-ngira saja tujuan tentang sebuah award ternyata gak salah juga apa yang kupikirkan...

Kalau give away kira² bagaimana ya mbak ...?

Rahman Raden mengatakan...

award itu hadiah, hore.... aku dpt hadiah
hehehehehe.....

insan mengatakan...

maksih ya selama ini aku lum tau manfaat n cara menghargainya dari yg lain.. thaanks buanget ya :)

Hariyanti Sukma mengatakan...

Oo.... gitu toch mbak... (sambil manggut-manggut ) Tadinya aku gak kepikiran loh kalau itu utk menaikkan Page Rank...
selama ini aku pikir itu bentuk perhatian sesama sahabat blogger. makasih ya mbak infonya

Mulyani Adini mengatakan...

oooo....gitu ya, mungkin saya lagi semangat2nya jadi kalau dapat award semangat juga utk majangnya..gak tau dek nanti kalau udah lama2 dan pekerjaan menyita waktu.

sarah azahra mengatakan...

Insya Allah aku kalau di beri award aku pasang..aku ga memikirkan link back yang aku harapkan kebersamaan.

Mungkin dulu terlintas..akan tetapi sekarang sudah tidak terlintas lagi untuk SEO, link back..aku kasih link untuk sumber saja, kalau untuk SEO sudah tidak memikirkan lagi..mau enjoy dengan blogging dari sekarang dan menambah banyak teman untuk memecahkan masalah artikel dengan diskusi.
That's it

Fajar mengatakan...

ooo itu ya fungsinya award..... mbak..ty telah share....

rinz mengatakan...

ohhhh... ini tohhh maksudnyaaaaa..

Amy mengatakan...

Info yang menarik buat blogger baru seperti diriku walaupun blm pernah menerima award hehehehe. Setidaknya tau fungsi & tujuannya apa ^_^

NTRage03 mengatakan...

klo mnurut q award itu penghargaan seseorang atas pa yg telah kita capai :D

Unknown mengatakan...

Kalo menurut aku, award itu untuk menambah teman... jadi alangkah baiknya menerima award dan memajangnya...

Mba Fanny award nya banyak, well you deserve them... Mnrt ku Mba Fanny tulisannya bermanfaat and you're a friendly blogger,... :-D

niQue mengatakan...

saya pernah terima award,
tapi saya ga ngerti cara memuat link-nya :(
minta tolong suami yang biasa ngurusin daleman blog eh sibuk terus
udah aja award nya basi huaaaaa ....

Rizkyzone mengatakan...

Award adalah "sebentuk ritus penghormatan yang bertujuan mengikat emosionalitas persahabatan. Ia adalah legitimasi simbolisme untuk saling memberikan pengakuan dalam bingkai keakraban, bukan malah mengingkari. Ditelisik dari pesrpektif pragmatisme, award barangkali memang bukan barang mewah alias memiliki patokan harga dalam pengertian ekonomis, tapi dari sudut pandang norma dan etika, ia telah menyuguhkan signifikansi makna solidaritas persahabatan yang dalam"

Jika komentar adalah doa, maka award adalah sebentuk metamorfosa dari jalinan kekuatannya. Satu kata motivasi dalam komentar mampu meletupkan kekuatan sang pemilik blog untuk terus-menerus mengeksplorasi potensinya, mengelaborasi form aktualisasinya, yang sebelumnya barangkali terpendam dan tak tersalurkan. Begitu pula dengan award. Ia adalah "paket lebaran" yang dikirimkan seorang sahabat sebagai bentuk soliditas pada sahabat-sahabatnya

selamat yah atas award yang di dapatkan, semoga tambah semangat dan salam kenal

Edhini Senastri mengatakan...

Salam kenal mbak and Thank you for sharing :)...info yang berguna juga secara baru dapet award pertama..hihhi:D...

ceritatugu mengatakan...

award simbol keakraban antar teman,trims penjelasannya

ndutyke mengatakan...

Iya sih, award bisa juga menjadi ajang untuk mempromosikan blog si pemberi, dan biasanya kan kita harus memberikan award tsb ke blog2lain dgn menyantumkan link kesana.

Asep Alazhari mengatakan...

oh itu toh, walau blm pernah dpt tapi saya udh ngerti apa itu award..