Senin, 20 Juni 2011

AGAR BLOGMU DILIRIK ORANG

Seorang teman blogger bertanya kepada saya : "Gimana caranya agar menjadi blogger yang fun, yang selalu dilirik blognya oleh blogger lain, yang postingannya selalu ditunggu-tunggu? Pokoknya, yang blognya top markotop deh. "

Hmm....meskipun saya bukan termasuk blogger yang fun dan tidak selalu dilirik blognya oleh blogger lain, tapi - dengan segala keterbatasan saya (caileee...) - saya coba berikan kiat-kiatnya deh. Kiat-kiat ini berdasarkan pengamatan saya aja terhadap beberapa blog yang ngetop pisan.

1. RAJIN UPDATE

Syarat mutlak nih. Lha, kalo kamu malas update, apalagi sampai berbulan-bulan baru update blogmu, lama-lama para pengunjung malas datang ke blog kamu. Kalo mereka malas berkunjung, ndak mungkin toh blogmu jadi top. Ndak mungkin juga kamu jadi blogger yang fun. Apanya yang 'fun' kalo blogmu dicuekin begitu aja? Penuh sarang laba-laba dan postingannya gak ada yang baru. So, jangan malas nulis kalo mau jadi blogger yang fun dan ngetop.

2. BUAT POSTINGAN YANG MENARIK

Usahakan untuk menulis postingan yang menarik orang buat membacanya. Bisa dimulai dengan judul tulisan yang eye catching. Tapi, jangan melenceng dengan isi postingannya ya. Misalnya judul tulisanmu : "Kejarlah daku kau kujitak" tapi pas dibaca kok, tentang cara memasak kue apem. Jelas bikin bete para pembaca. Hati yang udah penasaran jadi kuciwa setengah mati lantaran isi postingan kok beda. Tak seindah dan semenarik judulnya.

3. RAJIN MEMBACA/MENCARI IDE

Dengan rajin membaca, otomatis kamu akan menemukan ide-ide menarik untuk postingan blog kamu. Ide paling menarik tentu aja dari pengalamanmu sendiri. Jadi, gak selalu dari apa yang kamu baca. Kalo tulisanmu berasal dari pengalaman pribadi, pastinya lebih sip dong. Menulisnya lebih mudah karena memang kamu alami sendiri. So, jangan pernah bilang kamu gak tau mau nulis apa. Mau posting apa. Percaya deh, selalu ada hal menarik dalam hidup ini yang bisa kamu tuangkan dalam tulisan di blogmu.

4. TULISAN JANGAN TERLALU PANJANG DAN BERTELE-TELE

Duh, saya suka pusing deh kalo baca postingan yang terlalu panjang dan bertele-tele. Padahal banyak blog yang tulisannya bagus tapi karena bertele-tele, jadi malas deh. Apalagi kalo tulisanmu adalah mengenai kisah perjalananmu ke suatu tempat. Mungkin kamu mau menceritakan selengkap mungkin, agar pembaca mendapatkan informasi berharga. Tapi, kalo terlalu panjang, kadang bikin jenuh yang membaca.

Saran saya sih, alangkah baiknya kalo tulisanmu yang panjang itu dibagi beberapa bagian. Sebab, gak semua orang hobi membaca dan gak semua blogger mau membaca tulisan sepanjang rel kereta api. Pegel lho membaca tulisan panjang-panjang di kompi or laptop. Mata jadi lekas lelah.

5. SELANG SELING

Kalo kamu makan ayam goreng tiap hari, kira-kira bosan gak? Sedoyan apapun kamu sama tuh menu pasti deh suatu ketika kamu akan enek kalo disuguhi ayam goreng tiap hari. Begitu juga dengan para pengunjung blogmu. Kalo tiap hari tulisanmu tentang diary kamu, lama-lama bosan juga kan. Atau....setiap hari mampir, tulisanmu selalu tentang kisah cintamu yang melow mendayu-dayu. Wah, wah...bisa ilfil deh.

Nah, biar para pengunjung gak bosen, alangkah baiknya kalo kamu main selang seling. Misalnya : hari ini postingan tentang pengalamanmu di kantor, besok sajikan tulisan tentang motivasi, besoknya lagi tentang hal-hal lucu yang pernah kamu alami atau humor ringan yang kamu peroleh dari teman, sms, BBM, dll.

Pokoknya, buat sekreatif mungkin deh. Dijamin para pembaca gak jenuh mampir ke blogmu. Karena mereka selalu menemukan tulisan yang gres dan gak ngebosenin.

6. BE YOURSELF

Ini paling penting. Blogmu adalah cermin dirimu. Mau kamu buat jadi blog gokil, itu terserah kamu. Atau..mau dibuat jadi blog super serius, gak ada yang melarang. Tetapi, jadilah dirimu sendiri. Jangan meniru blog orang lain. Misalnya, orang lain menulis jokes-jokes, kamu ikut-ikutan padahal kamu gak suka nulis jokes. Orang lain bikin lomba nulis cerpen, kamu juga ngadain lomba nulis cerpen. Padahal, kamu gak punya waktu buat membaca cerpen-cerpen yang masuk. Orang lain buat tulisan merayakan postingan ke 100, 1000, 10000, kamu ikutan juga.

Mbok ya, kalo bisa cari ide yang orisinal gitu lho. Boleh aja sih niru, tapi jangan persis sama sampai judul blog dan deskripsi blog aja nyontek plek.

Bukannya mau menyombongkan diri, kalo saya bilang, dulu waktu buat blog utama saya, saya gak liat blog orang lain kayak apa. Pokoknya buat aja. Termasuk judul blognya. Tiba-tiba aja muncul ide SANG CERPENIS BERCERITA. Deskripsi blognya juga saya ciptakan sendiri meskipun salah satu deskripsi blog saya sempat dicuri oleh blogger lain. Diambil sedikit gitu. Gak mirip banget sih. Tapi keliatan dia ambil deskripsi blog saya yang lama. He h e he....ya, ndak apa-apa...Saya gak rugi kok. Biar orang lain aja yang menilai.

Okey, segitu aja kiat dari saya. Bila ada yang mau menambahin, silakan....Barangkali ada hal-hal yang terlewatkan.




.

20 komentar:

ningsyafitri mengatakan...

betul skali...
Yaa..walaupun kadang2,,, Ning rasa blog Nining itu masih kayak diary anak SMA...
Hehehe... *jadi malllu sendiri...

I-one mengatakan...

Pegennya sih up date setiap hari,tapi....jadwal kuliah ione padat bangetzzz..hehe

Mulyani Adini mengatakan...

Bener Fan...terus terang saya juga bukan orang yang hobbynya membaca. Membaca itu sekedar mengisi waktu luang yang ada..maklumlah ibu rumah tangga dan bekerja pasti akan sulit punya waktu banyak.
Jadi kalau tulisannya panjang lebar lelah juga mata terkadang saya juga berfikir apakah tulisan saya ini suka panjang kayak real kereta api...untuk itu selalu saja ulang2 agar tidak terlalu panjang.

Semoga saja para sahabat gak bosan datang kerumahku....dan sudah beberapa bulan ini mencoba update setiap hari...kecuali sabtu dan minggu liburan...

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" mengatakan...

bener bangeeet yang nomor 5.. harus selang-seling isinya... jangan curhatan muluuu.... hehehe tapi kalo kayaknya separonyolong sama gaphe bercerita sih itu pengecualian sih. hehehe

Vicky Laurentina mengatakan...

Nambahin ya..
Salah satu tip supaya blogmu dilirik orang lain adalah kamu kudu rajin-rajin ninggalin alamat blogmu di banyak tempat. Promosi, dong! Cara paling bagus adalah banyak komentar di banyak blog orang lain, coz dengan begitu maka orang akan mengklik namamu dan mereka pun akan berkunjung ke blogmu.
Tapi tinggalkan komentar yang bermutu, yang nyambung sama posting-nya, jadi orang akan bisa memperkirakan isi otakmu yang pintar dan tertarik berkunjung ke blogmu.
Komentar kentut sebaris kalimat dan nggak nyambung seperti "Sip deh..", atau "Pertamax!", atau lebih parah lagi "Kunjungan siang! Main ke blog aku ya!" justru mengesankan kamu tuh blogger nggak laku yang bego dan bikin orang jadi ogah ngeklik blogmu :)

Tarry Kitty mengatakan...

Saya plng ribet kalo bikin judul. Emang bener, makin bnyk baca makin bnyk ide yg muncul. Tp kalo sering posting sepertinya blm mampu :)
Infonya top

Lyliana Thia mengatakan...

Baca ini aku jadi introspeksi hihihi...

Ohya, mau nambahin lagi Mba Fanny...

alangkah baiknya klo suatu blog tdk menjelek2an suatu suku/agama lain... ini bukan hanya malas dilirik orang, malah akan buat org lain marah...

saya pernah kesandung bbrp kali sama blog2 kyk begini...

makasih sharing nya yah Mba Fanny...

Mezayu Story Blog's mengatakan...

abis baca tips ini aku jadi bisa introspeksi juga , soalnya blog aku masih sangat jauh dari kata baik. hehe. good infonya, makasih . mihihi :)

imelda mengatakan...

wah baru sekali baca blognya Fanny yang ini.

EM

Anabele Octora mengatakan...

hehehe... saya jarang bgt update, tergantung mood bgt... duuh lg cari cara gmna caranya supaya mood ttp terjaga n rajin nulis blog. Trims utk tips nya mba Fanny ^^

Fajar mengatakan...

nah ntu sring update..jadi kendala je..mbak.. he.he.he.

frezy mengatakan...

ooohh..gitu ya tipsnya...hmm..kayaknya boleh dicoba juga tuh...tapi saya orang nya bertele-tele terus..gimana dong mbak??

PIPIT mengatakan...

wah gini ya bu, saya lumayan update tapi belum masih jarang dapat komentar dari teman2.. hiks hiks..
tapi makasih bu atas postingannya ini, bermanfaat, dan salam kenal dari saya :D

Abah mengatakan...

waha.... makasih infonya mba/teth/uni/mpok. semoga tulisan2 saya bisa semakin berkembang. :D

JASMINE mengatakan...

tips bagus nih..cobain ah!!

baju tanah abang mengatakan...

btul btul btul...kata idin dan udin...upss salahh....kata ipin dan upin hehehe..

ndutyke mengatakan...

Hehehe, aku setuju sama komennya mbak Vicky Laurentina!

Kalo pengen blog kita ramai dikunjungi orang dan syukur2 kalo postingan kita bisa dikomentarin, ya kita juga mesti rajin main ke blog orang.

Klo emang ada pembaca yg suka banget baca blog kita, meski gak pernah or jarang banget komentarin postingan, tapi biasanya mereka bakalan mempromosikan blog kita kita ke temen2nya. Ntah itu temen kuliahnya atau temen kantornya :D

Tiva Fatimah Keizer mengatakan...

Postingannya bermanfaat nih..

KunieL mengatakan...

makasih buat sarannya ya kk. Salam kenal dari pemula ini. :D mampir ke blogku dan kasih kritik ya apa yang kurang. hehehehe...
googolsmiles.blogspot.com

-Indah- mengatakan...

Setuju juga ama yang dibilang Vicky.. musti rajin2 blogwalking ke blog2 lain dan meninggalkan jejak komen di mana2, ahahaha :D

Plus rajin bales2in komentar yang masuk di blog kita and berkunjung balik ke blog mereka..

*yang terakhir itu kadang suka males, huhuhu.. jadilah pembaca dan komentator akhirnya pada ngibrit semua, wakakakak =))*